Perpustakaan Badan Ketahanan Pangan

memberikan informasi terdepan

Kue / camilan

Berbasis Sumberdaya Lokal Untuk Mendukung Gerakan Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan Non Beras Non Terigu

Saat ini di pasaran atau di kalangan masih banyak ditemukan berbagai olahan makanan yang masih menggunakan bahan dasar beras atau terigu padahal di negara banyak sekali bahan yang dapat digunakan sebagai olahan makanan yang berbahan non beras ataupun non terigu yang rasanya tak kalah enak dengan makanan yang berbahan dasar beras atau terigu. Untuk mendukung percepatan penganekaragaman konsumsi pangan non beras dan non terigu berikut kami mencoba menghadirkan berbagai olahan makanan yang berbahan dasar non beras dan non terigu.

Beberapa contoh bahan-bahan yang dapat digunakan sebahai bahan pengganti pangan non beras dan non tergu antara lain : sukun, ubi jalar, ketela pohon / singkong, talas, jagung, ganyong, dll.

Berikut resep dari beberapa bahan yang telah disebutkan diatas :

a. S u k u n

1. klepon sukun

bahan :

1 buah sukun yang sudah tua, 1 buah kelapa muda, 1/4 kg gula merah, 1/2 kg tepung tapioka, vanili secukupnya, daun pandan secukupnya ( digunakan sebagai pewarna hijau )

Cara membuatnya :

  1. sukun dikupas, dicuci bersih dan dikukus
  2. setelah masak, angkat dan di dinginkan. Tumbuk sampai halus, kemudian dicampur dengan tepung tapioka.
  3. buat bola-bola kecil dari adonan tadi dengan diberi gula merah yang disisir di dalamnya.
  4. didihkan airdan masukan bola-bola adonan sukun dan rebus sampai masak
  5. kemudian kelapa diparut lalu campurkan/gulingkan bola-bola sukun yang sudah masak dan siap dihidangkan. sumber : http://bkpp4k.rembangkab.go.id

Tinggalkan komentar